Apr 19, 2012

Tujuh Elemen Dasar Bahasa Pemograman Terstruktur di dalam C

Penyimpanan data (konstanta dan variabel termasuk nilai data dan tipe data) :

A. Identifier (Pengenal)

Identifier adalah suatu nama yang biasa dipakai dalam pemrograman untuk menyatakan variabel, konstanta, tipe data, keyword dan fungsi. Aturan untuk penulisan identifier antara lain:
- Harus diawali huruf atau garis bawah(underscore) _ dan diikuti dengan huruf, digit atau _ – Huruf besar dianggap berbeda dengan huruf kecil (case sensitive) – Panjang maksimum Identifier tergantung dari compiler sebagai contoh Turbo C 2.0 (DOS), max 32 karakter
- Tidak boleh ada spasi
- Tidak boleh menggunakan keyword misalnya ( if, for, while dll)

B. Tipe Data

Tipe data merupakan bagian program yang paling penting karena tipe data mempengaruhi
setiap instruksi yang akan dilaksanakan oleh computer. Misalnya 7 dibagi 2 bisa menghailkan hasil yang berbeda tergantung tipe datanya. Jika 7 dan 2 bertipe integer maka akan menghasilkan nilai 3. namun jika keduanya bertipe float maka akan menghasilkan nilai 3.5000000. Pemilihan tipe data yang tepat akan membuat proses operasi data menjadi lebih efisien dan efektif.

Dalam bahasa C terdapat lima tipe data dasar, yaitu :

Tipe Data Primitif

Jenis-jenis tipe data :

Tipe data Integer

Tipe data bilangan bulat decimal yang dapat menampung angka antara -2147483648 dan 2147483647. Tipe data ini berukuran 32 bits atau 4 bytes.

- Tipe data Character

Tipe data yang hampir mirip dengan tipe data integer tetapi hanya cukup untuk menampung 1 karakter ASCII. Karena tipe data character hanya memiliki ukuran 1 byte, tipe data ini sangat sering digunakan untuk menyimpan tipe data karakter sesuai dengan namanya. Tipe data ini dikatakan ideal untuk menampung data karakter karena ukuran 1 byte cukup besar untuk menyediakan 1 slot untuk tiap karakter ASCII. Saat compile, semua tipe data karakter akan diubah ke bentuk integer kode ASCIInya.

- Tipe data Float

Float merupakan kependekan dari floating point. Tipe data ini dapat menampung bilangan real tetapi kurang presisi karena hanya dapat menyimpan single precision floating point numbers.

- Tipe data Double

Tipe data double sangat mirip dengan tipe data float tetapi tipe data double dapat menyimpan double precision floating point numbers. Biasanya memiliki ukuran 8 bytes.

- Tipe data Void

Tipe data yang tidak bertipe.
Ditulis dalam Bahasa C. Tag: Bahasa C, Pemrograman.
C. Konstanta
Merupakan suatu nilai yang tidak dapat diubah/nilainya tetap selama proses program berlangsung .Konstanta dapat bertipe integer,string,karakter,float. Contoh konstanta antara lain 65,3.14,’A',’bahasa C++’;23.
D. Variabel
Variabel adalah suatu pengenal (identifier) yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses program. Berbeda dengan konstanta yang nilainya selalu tetap, nilai suatu
variable bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan. Nama dari suatu variable dapat ditentukan sendiri
oleh pemrogram dengan aturan sebagai berikut :
1. Terdiri dari gabungan huruf dan angka dengan karakter pertama harus berupa huruf.
2. Bahasa C bersifat case-sensitive artinya huruf besar dan kecil dianggap berbeda. Jadi antara Metal, dengan metal itu berbeda.
3. Tidak boleh mengandung spasi.
4. Tidak boleh mengandung symbol-simbol khusus, kecuali garis bawah (underscore), seperti : $, ?, %, #, !, &, *, (, ), -, +, dsb.
5. Panjangnya bebas, tetapi hanya 32 karakter pertama yang terpakai.
Contoh penamaan yang salah : NIM, a, x, nama_mhs, f3098, f4, nilai, budi, dsb.
Contoh penamaan variable yang salah : nilai_mahasiswa, 80%mahasiswa, rata-rata, ada spasi, penting!, dsb.

Deklarasi Variable
 
Deklarasi diperlukan bila kita akan menggunakan pengenal (identifier) dalam program.
Identifier dapat berupa variable, konstanta dan fungsi.
Bentuk umum pendeklarasian suatu variable adalah :
Nama_tipe nama_variabel;
Contoh :
int x;
char y, huruf, nim[10];
float nilai;
double beta;
int array[5][4];

2.Proses Input

  • getche()
Singkatan dari get character and echo. FUngsi ini meminta inputan satu buah karakter dari keyboard tanpa diakhiri dengan tombol enter dan karakter yang telah diketik oleh user akan ditampilkan di layar.
Sintak:
int getche(void)

  • getch()
Fungsi ini sama halnya dengan getche. Hanya saja karakter yang diinputkan user tidak akan ditampilkan di layar.
Sintak:
int getch(void):

  • getchar()
Singkatan dari get character. Fungsinya sama dengan fungsi getche(), namun jika kita menggunakan fungsi ini kita harus mengakhiri inputan dengan tombol enter.
Sintak:
ž int getchar(void):
  • scanf()
Fungsi ini dapat menginput berbagai macam jenis data. Penggunaanya mirip dengan printf(), yaitu harus menggunakan conversion specifier. Seperti halnya printf, conversion specifier harus disesuaikan dengan jenis data yang ada pada arguments. Bedanya, scanf() digunakan menginput data sedangkan printf() digunakan untuk mengoutput data. Fungsi scanf Mengambil data string dari keyboard dengan fungsi scanf menggunakan format: %s.
scanf(“%s”, str);

5. gets()
 
Fungsi ini adalah fungsi yang sempurna dalam penginputan string. fungsi ini hanya bisa menginput string. Dengan fungsi ini kita bisa menambahkan spasi dalam string inputan juga.
gets(str);
Jadi, jika kita menginputkan “aku makan”, maka yang tersimpan dalam variabel str adalah “aku makan” juga. Tanpa terpotong gara-gara spasi.
gets(str1);
fflush(stdin);
 
3.Proses Output
 
Menggunakan fungsi printf(), puts(), dan putchar().
Fungsi printf() digunakan untuk menampilkan semua jenis data (numeric dan karakter).
Fungsi puts() digunakan untuk menampilkan data string dan secara otomatis akan diakhiri dengan perpindahan baris.
Fungsi putchar() digunakan untuk menampilkan sebuah karakter.

4.Simple Proses
 
Operator
Operator atau tanda operasi adalah suatu tanda atau simbol yang digunakan untuk suatu operasi tertentu. Bahasa C menyediakan banyak sekali tanda-tanda operasi, yaitu operator pengerjaan, operator aritmatika, operator tipe, operator hubungan, operator logika, dan lain- lain.
Operator Aritmatika
Konstanta ini banyak digunakan distatemen-statemen untuk menampilkan hasil, misal membuat kursor kemablike kolom pertama(carriage return).
Prioritas operator aritmatika
Operand
Operand adalah sebuah objek yang ada pada operasi matematika yang dapat digunakan untuk melakukan operasi. Operand atau operator dalam bahasa C berbentuk simbol bukan berbentuk keyword atau kata yang biasa ada di bahasa pemrograman lain. Simbol yang digunakan bukan karakter yang ada dalam abjad tapi ada pada keyboard .

5.Pencabangan

Kalau diperhatikan lagi contoh-contoh sebelum ini, komputer selalu menjalankan perintah-perintah secara berurut, mulai dari yang ditulis pertama hingga terakhir. Ibarat jalan, ini artinya jalan lurus tanpa simpangan sama sekali. Nah, pencabangan adalah fitur dimana jalannya program bisa membelok ke salah satu alur, dan tak perlu melakukan alur yang lain. Sebelum membelok, komputer akan menghitung suatu kondisi untuk memilih alur. Kelihatan sederhana, banyak yang bilang kalau pencabangan adalah kunci kecerdasan komputer. Kalau tak percaya, silahkan memrogram kasus yang rumit. Pasti akan banyak pencabangannya ;)
Dalam bahasa C, ada dua konstruksi dasar pencabangan yaitu:
If (Pencabangan tunggal)
If – else (untuk menjalankan pernyataan dengan kondisi yang salah )
switch – case (untuk menjalankan salah satu pernyataan dari berbagai kemungkinan yang ada )
6. Pengulangan
Kalau pencabangan adalah kunci kecerdasan komputer, pengulangan adalah kunci kerajinan komputer. Fitur inilah yang membuat komputer mau saja mengolah berjuta-juta data tanpa mengeluh, dan selalu konsisten (benar atau salahnya).

Dalam bahasa C, ada tiga konstruksi dasar pengulangan yaitu:

while (untuk memproses satu pernyataan atau beberapa pernyataan beberapa kali)
do – while(bergunauntuk mengulang proses,pengujian ekspresi ini dilakukan belakangan sehingga penggunaan do…while minimal akan dijalankan sekali .sedangkan pada while maka ada kemungkinan pernyataan tidak akan dijalankan sama sekali karena pengujian dilakukan di awal)
for(untuk mengulang eksekusi terhadap sau atau lebih pernyataan yang ada )
nested for(biasanya diterapkan ketika akan menggunakan pengulangan )

7. Fungsi

Suatu fungsi adalah suatu bagian dari program yang dimaksudkan untuk mengerjakan suatu tugas tertentu dan letaknya dipisahkan dari program yang menggunakannya. Fungsi-fungsi merupakan elemen utama dari program bahasa C. Program dari bahasa C dibentuk dari kumpulan fungsi, mulai dari fungsi utama dengan nama main(), fungsi-fungsi pustaka(standar) dan fungsi-fungsi yang dibuat sendiri oleh pemrogram.
Fungsi-fungsi banyak digunakan dengan dua alasan utama. Yakni, fungsi-fungsi menjadikan program C mempunyai struktur yang jelas dan fungsi-fungsi dapat digunakan untuk menghindari penulisan yang sama yang ditulis secara berulang-ulang.

Deklarasi Fungsi

Suatu fungsi yang memberikan hasil balik selain tipe int perlu dideklarasikan sebelum digunakan. Dengan demikian jika suatu fungsi tidak dideklarasikan, maka akan dianggap fungsi tersebut memberikan hasil balik berupa nilai tipe int.
Untuk deklarasi fungsi, argumen-argumen fungsi tidak perlu dituliskan. Tipe adalah tipe dari fungsi yang akan digunakan dan harus sama dengan tipe fungsi yang didefinisikan.

Jika bagian dari program yang menggunakan fungsi diletakkan sebelum definisi dari fungsi, maka deklarasi fungsi diperlukan. Akan tetapi jika bagian dari program yang menggunakan fungsi terletak setelah definisi dari fungsi, maka deklarasi dari fungsi dapat tidak dituliskan.

Prototype Fungsi

Deklarasi dari fungsi ditulis tanpa dengan menyebutkan argumen-argumen fungsinya. Sebenarnya argumen-argumen dari fungsi dan tipe datanya dapat juga dituliskan. Deklarasi seperti ini disebut dengan prototype fungsi. Dengan menyebutkan prototype fungsi, maka kompiler C akan dapat memeriksa tipe-tipe data melalui parameter-parameter yang dikirimkan dari program yang menggunakannya (parameter-parameter ini disebut dengan parameter nyata). Jika tipe-tipe data parameter nyata yang dikirimkan ke fungsi tidak sesuai dengan tipe-tipe parameter formalnya, maka kesalahan kompilasi dapat ditunjukkan oleh kompiler untuk tipe data yang tidak cocok. Penggunaan prototype dari fungsi ini bukan sesuatu keharusan. Akan tetapi penggunaan prototype ini sebagai pengganti deklarasi fungsi yang lebih disarankan.

0 comments:

Post a Comment