Apr 17, 2012

Jumlah App di Windows Phone Lewati BlackBerry


Microsoft terus mengembangkan Windows Phone, untuk menghadapi ketatnya persaingan dengan sistem operasi Android dan iOS. Salah satunya adalah dengan mengembangkan aplikasi.

Menurut blog teknologi "All About Windows Phone", saat setidaknya tercatat ada 80 ribu aplikasi mobile di Marketplace milik Windows Phone. Adapun jumlah ini akan terus bertambah, dengan tingkat rata-rata bertambah 340 aplikasi per hari.

Per 1 April, tercatat ada 82.234 aplikasi yang dipublikasikan oleh 20.327 pengembang yang berbeda.

Blog itu juga menyebut kurang dari lima bulan untuk menggandakan jumlah pengembang untuk menaruh aplikasinya di Marketplace milik Windows Phone.

"Jumlah 80.000 aplikasi dan 20.000 pengembang merupakan tonggak, bersamaa dengan meningkatnya pertumbuhan, Windows Phone Marketplace sangat menikmati kestabilan dan akselerasi pertumbuhan ini," tulis blog "All About Windows Phone".

Windows Phone pun disebut masih nyaman meski berada di peringkat ketiga ekosistem aplikasi mobile, di belakang iOS milik Apple (di atas 550.000 aplikasi) dan Android milik Google (di atas 450.000 aplikasi). Tapi saat ini Windows Phone sudah melampaui BlackBerry (70.000 aplikasi) dan Symbian (70.000).

Windows Phone juga tercatat mengalami rata-rata penambahan aplikasi per hari, dari 250 aplikasi per hari di bulan Februari menjadi 340 aplikasi per hari saat ini. Namun, angka ini lebih rendah dari rata-rata 375 aplikasi per hari di Januari.

Selain itu, Marketplace di Windows Phone tercatat memiliki 67 persen aplikasi gratisan. Sisanya, 10 persen merupakan aplikasi free trial dan 22 persen aplikasi berbayar.

Kehadiran platform Mango atau Windows Phone 7.5 juga berdampak positif bagi sistem operasi Microsoft ini. Apalagi saat Nokia mulai merambah ekosistem Windows Phone, dengan sejumlah seri Lumia.

Sumber

0 comments:

Post a Comment