Apr 11, 2012

Lobi RUU Pemilu Molor, Golkar Walkout

Fraksi Golkar Walkout dari Paripurna

Delapan jam lobi penentuan poin krusial dalam Rancangan Undang-undang Pemilihan Umum belum rampung juga. Akhirnya, Fraksi Partai Golkar memutuskan walkout.

"Golkar minta keputusan diambil besok pagi," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani di Gedung DPR, Rabu malam 11 April 2012.

Sampai saat ini, kata dia, hasil lobi-lobi pimpinan fraksi belum mencapai kesepakatan mengenai penghitungan suara. Apakah penghitungan suara itu dilakukan kuota atau webster. Untuk itu, Muzani menambahkan, sidang paripurna dipastikan akan dilakukan secara voting. Saat ini, lobi dilakukan untuk menentukan apakah keputusan akan diambil malam ini atau besok pagi.

"Karena Pimpinan ingin keputusan diambil secara smooth, yang dipemasalahkan tinggal keputusan malam ini diambil hari ini atau besok," kata dia.

"Ini pasti voting, mau parsial atau paket sudah tidak jadi problem, awalnya agak ngotot-ngototan masalah parsial atau paket," lanjutnya.

Sementara itu, saat ini hasil rapat lobi semua fraksi telah menyetujui beberapa poin. Yaitu, sistem terbuka, ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) 3,5 persen dan alokasi kursi per dapil 3-10 untuk DPR dan 3-12 untuk DPRD. Sumber

0 comments:

Post a Comment