May 25, 2012

Gedung Setinggi 638 Meter Segera Dibangun di Jakarta


 Jakarta bakal memiliki gedung berlantai 111 setinggi 638 meter. Gedung yang diberi nama Signature Tower itu akan berlokasi di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.
Rencana pembangunan gedung itu ditandatangani di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), 21 Mei 2012, antara PT Danayasa Arthatama Tbk, anak perusahaan Artha Graha Network dengan MGM Hospitality, Las Vegas.

Pihak Danayasa Arthatama dalam siaran pers yang diterima Kompas, Rabu (23/5/2012), menyebutkan bahwa gedung Signature Tower ini akan dimiliki dan dikembangkan oleh Danayasa Arthatama, yang selama ini merupakan pemilik dan pengelola SCBD. Sementara itu, MGM Hospitality akan ikut dalam pengelolaan pusat ritel dan pusat konvensi kelas dunia yang akan terdapat dalam Signature Tower.

Dalam penandatanganan antara pimpinan Artha Graha Network Tommy Winata dan Presiden MGM Hospitalty Gamal Aziz di Las Vegas itu, disepakati gedung Signature Tower akan dibangun tepat di tengah SCDB. Gedung itu akan menjadi gedung tertinggi kelima di dunia menurut catatan Council of Tall Building and Urban Habitat dari Illionis Institute of Technology, Chicago, AS.

Gedung tertinggi saat ini adalah Kingdom Tower di Jeddah, Arab Saudi, dengan ketinggian satu kilometer dan terdiri dari 156 lantai. Sebagai pembanding, Gedung Pteronas di Kuala Lumpur, Malaysia, berada di urutan ke-31 gedung tertinggi dunia dengan ketingian 452 meter dan terdiri dari 88 lantai.

Di Signature Tower akan terdapat Bellagio Tower dengan 290 kamar pada lantai ke-20 ke atas yang akan dikelola MGM Hospitality. Pihak MGM juga akan mengelola hotel dan apartemen sebanyak 350 kamar. MGM juga akan mengelola pusat ritel dan pusat konvensi seluas 15.000 meter persegi, yang bisa menampung kegiatan bagi sekitar 6.000 orang.

Nilai investasi Signature Tower ini diperkirkana sekitar 2 miliar dollar AS atau hampir Rp 20 triliun.
Signature Tower diharapkan akan menjadi obyek wisata yang spektakuler baik bagi turis lokal maupun turis mancanegara. Konsultan berkelas dunia dan berpengalaman dalam pembanguna gedung-gedung tinggi (mega tall building) di dunia akan terlibat dalam pembangunan Signature Tower tersebut.

Sumber.

0 comments:

Post a Comment